Perkuat Wirausaha Kreatif dengan Soedirman Creaticomm 2022
Prodi S1 Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Jenderal Soedirman, menyelenggarakan kompetisi kewirausahaan kreatif (creativepreneur) yang diberi nama “Soedirman Creaticom 2022” pada 29 Oktober 2022. Kompetisi ini diselenggarakan dengan tujuan mewadahi eksplorasi bakat wirausaha kreatif bagi para generasi muda. Soedirman Creaticomm ini merupakan salah satu kegiatan yang dibiayai dari hibah PKKM tahun ke-2 yang didapatkan Prodi S1 Ilmu Komunikasi dalam rangka ikut andil dalam mencari bibit muda wirausaha dari dalam maupun luar kampus.
Terdapat dua kategori dalam kompetisi tersebut. Pertama, kategori untuk mahasiswa yaitu lomba proposal bisnis dan presentasi bisnis, dan kedua, kategori untuk mahasiswa dan siswa SMA/SMK/SLTA sederajat yaitu lomba foto produk. Lomba diikuti oleh peserta dari 36 instansi dengan total jumlah peserta untuk lomba proposal bisnis adalah 64 tim, peserta lomba presentasi bisnis adalah 25 tim, dan peserta lomba foto produk adalah 22 orang.
Dr. Nuryanti, M.Sc. sebagai penanggungjawab kegiatan menyatakan bahwa event yang diadakan pada tahun ini diharapkan dapat menjadi pemantik kegiatan serupa di tahun depan. “Kita memiliki target, Prodi Ilmu Komunikasi Unsoed dapat menjadi inkubator startup di masa depan, sehingga para mahasiswa serta masyarakat umum memiliki kesemangatan wirausaha, khususnya dalam bidang kreatif untuk menghadapi era masyarakat 5.0 yang lebih dinamis,” kata Nuryanti.
Pada kesempatan tersebut juga diselenggarakan workshop creativepreneur dengan narasumber Frederick F. Jebada (VP Marketing & Business Strategy CNN Indonesia), Ginanjar Agung Wahyu (Komisaris PT Emerald Property Land dan Komisaris Emerald Group) dan Rama Kertamukti (Dosen UIN Yogyakarta). Dekan FISIP Unsoed Dr. Wahyuningrat, M.Si yang berkesempatan hadir dalam acara berharap dengan diselenggarakannya kompetisi kewirausahaan untuk mahasiswa banyak memunculkan wirausaha-wirausaha di masa mendatang.